Federal Kabel

3 Tips Menghindari Sengatan Listrik, Yuk simak!

Tersengat listrik merupakan hal yang terkadang terjadi pada masyarakat, biasanya hal ini terjadi dikarenakan adanya kabel yang terkelupas dan tersentuh oleh manusia secara tidak segaja atau sedang melakukan perbaikan aliran listrik. Tersengat/kesetrum yang terjadi biasanya terjadi dikarekan kerusakan dan tidak menggunakan alas kaki, hal ini lebih sangat berpotensi karena tubuh manusia itu sendiri merupakan penghantar listrik yang baik.

 

 

Tubuh manusia sendiri bisa menjadi penghantar listrik dikarekan, tubuh yang sebagian besar mengandung air. Sehingga, tersengat listrik bisa menyebabkan kematikan karena daya listrik yang semakin membesar timbul terhadap aliran semakin menguat. Faktor utama dari munculnya sengatan aliran listrik ini adalah ketika kabel terkelupas atau stop kontak sebagai pusat utama listrik yang sudah berumur, tetapi masih digunakan. Yuk, antisipasi terkena sengatan listrik dengan beberapa cara yang bisa dilakukan:

 

 

1. Jangan Sentuh Perangkat Listrik Dalam Keadaan Tangan Basah

Tangan yang basah sangat beresiko untuk meningkatkan tersengat listik. Karena air merupakan salah satu penghantar arus listrik. Oleh karena itu, pastikan keadaan tangan dalam keadaan kering sebelum menyentuh perangkat listrik.

 

 

2. Jangan Sentuh Kabel yang Terkelupas

Kabel listrik yang terkelupas merupakan kabel yang sudah terlihat bagian dalam dari kabel tersebut. Biasanya, kabel yang terkelupas dikarenakan penyimpanan kabel yang tidak sesuai seperti terlipat, atau kabel yang sudah berumur. Kabel yang sudah terkelupas ini sangatlah berbahaya, dikarenakan kita mengenai bagian dalam dari kabel tersebut.

 

 

3. Menggunakan Alat Pelindung Diri

Dalam pengerjaan yang berhubungan dengan listrik diharuskan untuk menggunakan pakaian yang aman agar selamat dan tidak merugikan diri sendiri karena kecerobohan. Menggunakan pakaian safety, sarung tangan, dan menggunakan sepatu karet.

 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan secera berkala untuk seluruh perangkat listrik yang ada di rumah atau yang sering digunakan atau lebih baik jika perlengkapan elektronik ada yang menimbulkan sengatan listrik segera perbaiki atau diganti untuk keselamatan anda di rumah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *