Federal Kabel

Waspada, Kenali Penyebab Korsleting Listrik!

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek listrik adalah merupakan suatu hantaran listrik yang tidak sesuai dengan arus yang dialirkan, oleh karena itu mengakibatkan aliran listrik yang besar dan hal ini bisa mengakibatkan ledakan atau kebakaran jika tidak ditangani segera. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab korsleting diantaranya :

Kabel Rusak

1. Rusaknya Kabel Listrik yang Digunakan

Kerusakan yang sering terjadi dalam permasalahan yang jarang kita perhatikan, contohnya seperti kabel yang sudah terkelupas. Sebaiknya kabel tersebut segera diganti karena hampir digunakan setiap hari dan lakukan pengecekan rutin untuk memastikan keamanannya

Instalasi Listrik

2. Kesalahan Saat Pemasangan Instalasi Listrik

Permasalahan lain yang dihadapi adalah kesalahan pada saat pemasangan instalasi listrik, seperti pemasangan yang tidak sesuai atau tidak rapi. Permasalahan ini merupakan yang paling umum terjadi pada listrik rumah tangga, sebaiknya menggunakan jasa layanan instalasi listrik agar keselamatan terjamin.

Standar SNI

3. Produk yang Digunakan Tidak Sesuai Standar

Dalam penggunaan produk, negara Indonesia mempunyai standar yang harus diuji karena produk ini sangat erat dengan keselamatan manusia. Oleh karena itu, produk yang digunakan harus sesuai dan jangan sampai mengancam keselamatan.

Overheat

4. Aliran Listrik yang Terlalu Besar

Penyebab lainnya untuk ini adalah aliran yang kita gunakan tidak sesuai dengan kapasitas yang kita miliki di rumah, jadi saat pemakaian alat tersebut malah menjadi kondisi listrik yang menjepret kapasitas listrik rumah kita dan akan menimbulkan percikan api. Jika kondisi seperti ini tidak diperhatikan, maka akan menjadi bahaya untuk keselamatan kita dan perangkat listrik yang kita gunakan di rumah.

Bocor

5. Kebocoran Rumah Saat Hujan

Pada saat terjadinya hujan sebaiknya kita harus hati-hati dalam peletakan alat listrik yang dimana ini bisa menjadi salah satu penyebab korsleting yang jarang orang perhatikan. Aliran listrik yang terkena air bisa menimbulkan atau menjadi penyebabnya korsleting listrik karena bisa menimbulkan percikan api jika tidak ditangani dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *